Senin, 21 Maret 2011

METODE NUMERIK


Ada beberapa definisi Metode Numerik yang dikemukakan oleh ahli Matematika sebagai berikut:

•Metode Numerik: Teknik matematika yang di formulasikan untuk dapat menyeleseaikan pengoperasian aritmatika. (Chapra dan Chanale Tahun 1991)
•Metode numerik: teknik untuk merumuskan masalah matematika agar dapat diselesaikan dengan operasi hitungan yaitu: +, -, x dan / (Susila 1994; Ibraheem dan Hisyam 2003).

Jadi kesimpulannya, Metode numerik adalah suatu teknik memformulasikan masalah matematika yang diselesaikan dengan operasi aritmatika (+, -, x dan /) untuk memperoleh jawaban yang eksak. Misalnya menyelesaikan suatu persamaan.

Namun pada prinsipnya Metode numerik digunakan untuk persoalan yang penyeleseainnya berupa pendekatan dari nilai eksaknya yang menyediakan sejumlah kalkulasi aritmatika yang sulit dilakukan tanpa komputer.
Hal ini memunculkan beberapa alasan, mengapa orang menggunakan metode numerik untuk membantu memecahkan masalah, yaitu:

1.Lebih Efektif dan Efisien. Misalnya menyelesaikan persamaan tak linear, persamaan yang besar dan masalah lainnya termasuk dalam teknik dan sosial dapat diselesaikan secara analistis.

2.Tersedia dan diperdagangkan di mana saja yang dalam pengoperasiannya mencakup metode numerik.

3.Lebih leluasa dalam menggunakan metode numerik untuk memecahkan masalah yang di hadapinya.

4.Sebagai sarana untuk mengenal karakteristik komputer dan mendesain algoritma, diagram alur dan menulis program komputer sendiri.

5.Sarana untuk memperkuat kemampuan ilmu matematika.

Metode numerik juga tergolong dalam matematika terapan (applied mathematics) yang memerlukan kemahiran dalam menggunakan dan mengoperasikan komputer baik untuk paket program maupun program komputer. Paket program komputer apapun yang dikuasai dapat digunakan untuk membantu memecahkan masalah yang dihadapinya. 

Keberadaan komputer dalam mata kuliah metode numerik ,yaitu yang berkaitan dengan alat dan komputasi, akar persamaan tak linear meliputi pelokasian akar, metode bagi dua, metode posisis palsu, iterasi titik tetap, metode Newton-Raphson, metode secant (talibusur); interpolasi meliputi interpolasi linear dan kuadrat, interpolasi beda terbagi Newton, interpolasi pada titik-titik berjarak sama, interpolasi largrange, interpolasi invers, dan interpolasi spline, diferensial dan integral numerik meliputi hampiran turunan, integral numerik, dan aturan komposisi, serta penggunaan metode numerik untuk memecahkan masalah sehari-hari adalah hanya sebagai alat untuk membantu dalam melakukan perhitungan numerik yang rumit dan bahkan yang sulit diselesaikan secara analistis

0 komentar:

Poskan Komentar